Rabu, 09 Desember 2015

Kuliah Matematika di Saudi Arabia

Terdengar aneh, terutama karena jurusan yang saya ambil bukan jurusan keagamaan. Matematika. Tapi bukan pilihan yang salah kok, bukan pula langkah mundur. Sungguh, banyak hal yang saya dapat selama kuliah di sini, meskipun baru 2 semester. Cukup tenang melihat peringkat kampus saya di Q.S., lembaga yang menerbitkan peringkat universitas-universitas di dunia dengan cukup adil. Ke-208 di dunia, terlebih untuk jurusan matematika, King Fahd University meraih peringkat ke-60 di dunia.


Tapi, apa yang sesungguhnya saya dapatkan di KFUPM? Sejauh ini mungkin tidak banyak, selain Galois Theory, Module Theory, sebentar lagi pengetahuan utuh tentang Jordan Form, dan ketenangan saat berkuliah. Tenang karena tak lagi memikirkan penghasilan, karena tinggal bersama keluarga di Saudi, dan karena memiliki 5 hari libur setiap minggunya. Semester ini bisa mengumpulkan semua jadwal kuliah dan jadwal memberikan tutorial hanya di 2 hari saja, Minggu dan Selasa. Sisanya, bisa menikmati perkembangan Si Sulung di rumah.

Ada 10 kuliah yang harus diambil sebelum memulai menulis Disertasi. Keuntungan besar, ada matakuliah-matakuliah asing yang belum saya pelajari, juga matakuliah-matakuliah familiar yang belum dikuasai penuh. Belajar lagi selama setidaknya 2 tahun. Insya Allah setelah lulus nanti, banyak ilmu yang bisa dibawa ke tanah air. Diantara 10, ada 2 matakuliah wajib yang sengaja ditawarkan sebagai langkah awal memulai penelitian. Sejenis mempelajari teori-teori dasar yang nanti akan menunjang penelitian.

Beasiswa sangat cukup untuk mendanai kehidupan kami sekeluarga, bahkan setiap bulan bisa tersisa setengahnya. Disimpan untuk menunaikan ibadah haji tiap tahun dan pulang tiap tahun. Ah, mungkin cukup sekali saja menunaikan ibadah haji, supaya tidak menambah penuh sesak jemaah haji di Mina. Artinya, lebih banyak sisa beasiswa yang bisa ditabung. Pulang tiap tahun? Ya, tidak menghabiskan sebagian besar tabungan, tidak juga melalaikan perkuliahan di sini. Ada 1 bulan libur setiap tahun, bebas dipergunakan sesuka hati.

Sepertinya  4 tahun ini akan menyenangkan, mungkin akan diperpanjang beberapa tahun untuk mendapatkan pengalaman mengajar. Juga menabung untuk mendapat kehidupan yang tenang di Bandung nanti.

Thuqba, Provinsi Timur, Arab Saudi, 27 Maret 2013

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar di sini

Copyright © PPMI DHAHRAN | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top