Kamis, 03 Desember 2015

Operator Telepon di Arab Saudi: STC, Mobily, dan Zain


Saudi's big operator logo: STC, Mobily, and Zain
Operator telepon di Arab Saudi yang cukup dikenal ada 3: STC, Mobily, dan Zain. Sebenarnya masih ada operator lain yang masih baru semacam Virgin Mobile atau Elo, namun untuk pembahasan kali ini hanya akan dibatasi kepada 3 operator ini saja. Tentunya dengan mengacu pada website dari masing-masing operator disertai dengan pandangan subjektif penulis. Semoga bermanfaat.

STC
Dulu, kartu ini  yang pertama saya beli. Hanya menggunakan paspor, Sawa Ziyara. STC ini konon perusahaan milik pemerintahnya sini. Jadi wajar jika kita merasa provider ini memiliki jangkauan yang paling luas serta jumlah pengguna yang cukup banyak (setidaknya di KFUPM). STC memiliki cabang di Mall KFUPM sehingga cukup mudah untuk diakses mahasiswa KFUPM jika ingin membeli kartu baru atau konsultasi jika ada masalah. Tetapi secara umum tarifnya relatif sedikt lebih mahal dibandingkan dengan provider lainnya. Paket yang tersedia hanya Sawa 25. Oya, sekarang katanya bisa belanja di Play Store dengan kartu ini.

Mobily
Kartu ini pernah saya gunakan khusus paket data hasil hibah dari teman, semoga Allah membalasnya dengan kebaikan. Jadi hanya digunakan sebentar hingga paket datanya habis. Mobily cukup bersaing dengan Zain untuk paket data khusus internet. Konon, mobily memiliki coverage yang lebih luas. Selain itu mobily banyak menyediakan hotspot ditempat-tempat umum. Pilihan paket prabayar yang tersedia: Hala international, hala 19.

Zain

Setelah kartu sawa hilang beserta hp-nya, kartu ini yang saya gunakan sekarang. Itu juga diberikan oleh teman, sebut saja Ihsan. Jadi masih menggunakan nomor iqama beliau. Secara umum kartu ini yang paling banyak memberikan alternatif pilihan paket untuk kartu prabayar yang dapat dengan mudah diganti tanpa harus membayar biaya pindah paket. Seperti khateer (mirip paket hala 19 di mobily) untuk paket hemat 0.19 SR sudah bisa menelpon lokal/menit atau sms. Atau paket kareeb yang bisa sms internasional seharian hanya dengan 50 halalah. Atau butuh bonus data dengan mengganti ke paket hala ketika akan isi ulang. Bahkan baru-baru ini zain mengadakan promo bonus 100% pulsa untuk pelanggan baru yang pertama kali mengisi pulsa.

Terus pilih mana? Silakan disesuaikan dengan kebutuhan.
* Untuk panggilan ke Indonesia ketiga operator ini memiliki tarif yang sama 0.99 halalah/menit
* Informasi terbaru bisa diakses melalui website resmi dari masing-masing operator

Menanti Ujian Liburan,
Dhahran, 3 Desember 2015.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar di sini

Copyright © PPMI DHAHRAN | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top